RSS

Teknologi yang Terkait Interface Telematika

Telematika adalah suatu teknologi yang dikembangkan dengan menggabungkan sistem jaringan komunikasi dan teknologi informasi. Sedangkan interface (antarmuka) adalah titik interaksi antara dua sistem atau kelompok kerja. Pada bidang ilmu komputer, interface lebih mengacu pada titik interaksi antara komponen-komponen, dan berlaku pada tingkat hardware dan software. Interface memungkinkan suatu komponen, baik hardware maupun software, untuk berfungsi secara terpisah ketika menggunakan interface untuk berkomunikasi dengan komponen lainnya melalui suatu sistem input / output dan protokol yang saling terkait. Selain interface untuk hardware dan software, interface komputer dapat merujuk pada komunikasi antara komputer dan pengguna melalui perangkat periferal seperti monitor atau keyboard, suatu interface dengan internet melalui IP (Internet Protocol), dan setiap sisi lain dari komunikasi melibatkan komputer. Dari pengertian telematika dan interface, maka diperoleh pengertian interface telematika, yaitu suatu titik interaksi antara pengguna dengan komponen-komponen seperti hardware dan software dari suatu teknologi yang menggabungkan sistem jaringan komunikasi dan teknologi informasi.
Terkait dengan perkembangan teknologi dari masa ke masa, muncullah beberapa teknologi yang terkait dengan interface telematika, seperti : head-up displays systems (HUD), tangible user interface (TUI), computer vision, browsing audio data, speech recognition, dan speech synthesis.


HEAD-UP DISPLAYS SYSTEMS
Sebuah head-up display systems, atau disingkat HUD, adalah suatu tampilan transparan yang menyajikan data tanpa mengharuskan pengguna untuk melihat dari sudut pandang biasa mereka. Asal usul nama ini berasal dari pilot yang dapat melihat informasi dengan kepala “dinaikkan” dan melihat ke depan, bukan memandang sudut bawah untuk melihat ke instrumen yang lebih rendah.
Meskipun HUD pada awalnya dikembangkan untuk penerbangan militer, HUD sekarang telah digunakan dalam pesawat komersial, mobil, dan aplikasi lainnya.

HUD of an F/A-18C
Helmet Mounted Displays (HMD) secara teknis merupakan sebuah bentuk dari HUD, perbedaannya adalah bahwa HMD menampilkan elemen tampilan yang bergerak dengan berorientasi pada kepala pengguna relatif terhadap pesawat.
Banyak pesawat tempur modern (seperti F/A-18, F-22, Eurofighter) menggunakan baik HUD maupun HMD secara bersamaan. F-35 Lightning II dirancang tanpa HUD, hanya mengandalkan pada HMD, menjadikannya pesawat tempur militer modern yang pertama yang tidak memiliki HUD tetap.

TANGIBLE USER INTERFACE
Sebuah Tangible User Interface (TUI) adalah sebuah antarmuka pengguna di mana seseorang berinteraksi dengan informasi digital melalui lingkungan fisik. Awalnya TUI dinamai sebagai Graspable User Interface, namun nama ini sekarang sudah tidak lagi digunakan.
Salah satu pelopor tangible user interface adalah Hiroshi Ishii, seorang profesor di MIT Media Laboratory yang mengepalai Tangible Media Group. Sebagian visinya untuk tangible UI, disebut Tangible Bits, yaitu untuk memberikan bentuk fisik ke informasi digital, menjadikan bit secara langsung termanipulasi dan terlihat.
Karakteristik tangible user interface antara lain :

  1. Representasi fisik digabungkan untuk mendasari komputasi informasi digital.
  2. Representasi fisik mewujudkan mekanisme untuk pengendalian interaktif.
  3. Representasi fisik digabungkan secara perseptual untuk secara aktif ditengahi representasi digital.
  4. Keadaan fisik tangible mewujudkan aspek kunci dari keadaan sistem digital.

COMPUTER VISION
Computer Vision adalah ilmu pengetahuan dan teknologi mesin yang dapat mengerti, di mana “mengerti” dalam hal ini berarti bahwa mesin mampu mengekstrak informasi dari sebuah gambar yang diperlukan untuk menyelesaikan beberapa tugas. Sebagai suatu disiplin ilmu, computer vision berkaitan dengan teori di balik sistem buatan yang mengekstrak informasi dari suatu gambar. Data gambar dapat mengambil banyak bentuk, seperti urutan video, pandangan dari beberapa kamera, atau data multi-dimensi dari scanner medis.
Sebagai disiplin teknologi, computer vision berusaha untuk menerapkan teorinya dan modelnya untuk pembangunan sistem computer vision. Contoh aplikasi computer vision mencakup sistem untuk :

  • Proses pengendalian (misalnya, suatu industri robot atau kendaraan otonom)
  • Mendeteksi peristiwa (misalnya, untuk pengawasan visual atau perhitungan penduduk)
  • Mengorganisir informasi (misalnya, untuk pengindeksan database gambar, dan urutan gambar)
  • Memodelkan objek atau lingkungan (misalnya, penyelidikan industri, analisis citra medis, atau pemodelan topografi)
  • Interaksi (misalnya, sebagai masukan ke perangkat untuk interaksi manusia dan komputer)
Artist's Concept of Rover on Mars, an example of an unmanned land-based vehicle. Notice the stereo cameras mounted on top of the Rover.

BROWSING AUDIO DATA
Sebuah metode browsing jaringan disediakan untuk browsing video / audio data yang ditembak oleh sebuah IP kamera. Komputer lokal terpasang dengan LAN untuk mendeteksi kamera IP. Metode browsing jaringan mencakup langkah-langkah berikut :

  1. menjalankan sebuah program aplikasi komputer lokal untuk mendapatkan kode identifikasi yang disimpan dalam kamera IP
  2. transmisi untuk mendaftarkan kode identifikasi ke DDNS (Dynamic Domain Name Server) oleh program aplikasi
  3. mendapatkan alamat kamera IP pribadi dan alamat server pribadi sehingga terpasang pada kamera IP dan pengendalian kamera IP melalui alamat kamera IP pribadi dan alamat server pribadi
  4. pemasangan ke layanan server melalui alamat server pribadi sehingga untuk mendapatkan data video / audio yang ditembak oleh kamera IP. Layanan server menangkap data video / audio yang ditembak oleh kamera IP melalui Internet.

SPEECH RECOGNITION
Speech Recognition yang juga dikenal sebagai Automatic Speech Recognition atau Computer Speech Recognition, dapat mengkonversikan kata-kata lisan menjadi teks. Istilah “pengenalan suara” terkadang digunakan untuk merujuk kepada sistem pengenalan yang harus dilatih untuk pembicara tertentu, sebagai suatu kasus khusus untuk kebanyakan pengenalan perangkat lunak desktop. Mengenali pembicara dapat menyederhanakan tugas menerjemahkan pembicaraan.
Speech recognition adalah solusi yang lebih luas yang mengacu pada teknologi yang dapat mengenali pembicaraan tanpa ditargetkan pada pembicara tunggal seperti sistem call center yang dapat mengenali suara dengan sendirinya.
Aplikasi speech recognition mencakup voice user interface seperti voice dialing, call routing, pengendali alat domotic, pencarian, memasukkan data sederhana, persiapan dokumen terstruktur, pemrosesan speech-to-text, dan pesawat.

The display of the Speech Recognition screensaver on a laptop, in which the character responds to questions, e.g.

SPEECH SYNTHESIS
Speech Synthesis adalah produk buatan dari pembicaraan manusia. Sebuah sistem komputer yang digunakan untuk tujuan ini disebut speech synthesizer, dan dapat diterapkan dalam perangkat lunak atau perangkat keras. Sistem text-to-speech (TTS) mengkonversi bahasa teks normal ke dalam pembicaraan, sistem lain membuat representasi bahasa isyarat seperti transkripsi fonetik ke dalam pembicaraan.
Speech synthesis dapat dibuat dengan menggabungkan potongan rekaman pembicaraan yang tersimpan dalam database. Sistem berbeda dalam ukuran dari unit pembicaraan yang tersimpan, sebuah sistem yang menyimpan telepon atau diphones menyediakan berbagai output terbesar, tetapi mungkin kurang jelas. Untuk domain penggunaan khusus, penyimpanan seluruh kata atau kalimat memungkinkan untuk output berkualitas tinggi. Atau, synthesizer dapat menggabungkan sebuah model dari saluran vokal dan karakteristik suara manusia untuk membuat output suara “sintetik” yang lengkap.
Kualitas speech synthesizer dinilai oleh kesamaan dengan suara manusia dan dengan kemampuannya untuk dipahami. Sebuah program text-to-speech cerdas memungkinkan orang dengan gangguan penglihatan atau tuna aksara untuk mendengarkan karya tulis pada komputer rumahan. Banyak sistem operasi komputer telah menyertakan speech synthesizer sejak awal 1980-an.
Kualitas sistem speech synthesis yang paling penting adalah kealamian dan dimengerti. “Kealamian” menggambarkan seberapa dekat output suara seperti pembicaraan manusia, sedangkan “dimengerti” adalah kemudahan dengan suatu output yang dimengerti. Speech synthesizer yang ideal adalah alami dan dimengerti. Sistem speech synthesis biasanya mencoba untuk memaksimalkan kedua karakteristik.
Dua teknologi utama untuk menghasilkan bentuk gelombang speech synthesis adalah concatenative synthesis dan formant synthesis. Setiap teknologi memiliki kelebihan dan kekurangan, dan maksud penggunaan dari sistem sintesis akan menentukan pendekatan yang akan digunakan.


http://en.wikipedia.org/wiki/Telematics
http://en.wikipedia.org/wiki/Interface
http://en.wikipedia.org/wiki/Interface_(computer_science)
http://en.wikipedia.org/wiki/Head-up_display
http://en.wikipedia.org/wiki/Tangible_User_Interface
http://en.wikipedia.org/wiki/Computer_vision
http://www.freshpatents.com/Network-video-audio-browsing-system-and-browsing-method-thereof-dt20090702ptan20090172088.php
http://en.wikipedia.org/wiki/Speech_recognition
http://en.wikipedia.org/wiki/Speech_synthesis

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment